Selasa, 22 April 2014

Sejarah Android Yang Pernah Ditolak Oleh Samsung

Sejarah Android Yang Pernah Ditolak Oleh Samsung

Sejarah Android Yang Pernah Ditolak Oleh Samsung

 

Android adalah sebuah sistem operasi yang sudah dikembangkan sejak Oktober 2003 oleh insinyur Andy Rubin yang merupakan pencinta avid robot. Itulah mengapa sistem operasi ini disebut Android. Sistem operasi Android ternyata awalnya dikembangkan untuk membidik kamera digital, bukan smartphone seperti sekarang ini.

Pengembangan sistem operasi Android oleh Andy Rubin ini didukung oleh sebuah tim kecil. Ternyata Andy Rubin dan tim akhirnya mulai menyadari bahwa sistem operasi Android yang dikembangkannya tak cocok untuk kamera dan kemudian mengubah targetnya ke ponsel.
Ditengah pengembangan platform dan sistem operasi Android ini Andy Rubin dan tim kehabisan dana dan proyek pun terhenti. Andy Rubin kemudian coba mendatangi Samsung untuk menawarkan tentang proyek ini, namun Samsung malah menolaknya.

Pucuk dicinta ulam tiba, Perusahaan teknologi Google ternyata tertarik dan memutuskan untuk mengambil proyek sistem operasi Android yang dikembangkannya. Raksasa internet ini akhirnya menginvestasikan dana yang cukup besar untuk mengembangkan sistem operasi terlaris ini.
Anehnya, Samsung, perusahaan yang awalnya menolak proyek dan ide Andy Rubin dengan Android-nya, kini malah mengadopsinya dari Google dan sukses dengan jajaran smartphone-nya, terutama di seri Galaxy.

  Sumber : http://lintas.indopos.co.id/2014/04/sejarah-android-yang-pernah-ditolak-oleh-samsung/

Analisa :

Seperti yang tertera oada buku mengenai Google dan Apple yang berjudul “Dogfight: How Apple and Google Went to War and Started a Revolution”, di sana diungkapkan bahwa Rubin bersama teman-temannya berangkat ke negara Korea Selatan yang sejatinya adalah markas dari Samsung sendiri. Di Korea Rubin pun langsung menawarkan Android yang mereka kembangkan tersebut, sayangnya Samsung malah tidak berminat dan justru meremehkan Android pada saat itu.
"Anda dan tim seperti apa yang akan menciptakan hal ini? Anda hanya punya enam orang. Apakah Anda mabuk? Pada dasarnya itulah yang mereka katakan," kata Rubin.

 Saat itu samsung memang ragu terhadap sistem operasi ini, namun kenyataan nya sekarang sistem operasi android adalah sistem operasi yang paling populer, bersifat open source membuat sistem operasi ini menjadi sangat cepat di kembangkan oleh developer developer  mobile di dunia, terbukti sistem operasi android ini, sangat berpengaruh terhadap kemajuan di bidang teknologi mobile. 

Sekarang Android pun menjadi sangat besar setelah dikembangkan oleh Google. Samsung sendiri juga menjadi produsen paling sukses sejagat yang justru menggunakan sistem operasi yang pernah ditolaknya dahulu.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar