3.4 Analisis Sistem
Skenario
Pengumpulan Data
Tujuan : Mengetahui kebutuhan
user
Tempat : Restoran Pipu Steak
Lama Waktu : 7 hari
Narasumber
: Bapak Alif
Pemilik Resto Pipu Steak
Tempat : Restoran Pipu Steak
Jam/Lama
: 2 Jam
Daftar
Pertanyaan :
1. Bagaimana
langkah-langkah operasional pemesanan menu yang terjadi di pipu steak?
2. Apa
saja usaha yang sudah bapak lakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap
customer ?
3. Apa
bapak pernah melakukan sistem komputerisasi pada pipu steak ?
4. Bagaimana
mekanisme pemesanan menu yang di pesan oleh customer sampai dengan proses
pembayaran?
5. Masalah
apa yang sering dihadapi dengan sistem pemesanan menu secara manual ?
6. Bagaimana
pendapat anda sebagai pemilik resto pipu steak untuk menggunakan sistem yang
berbasis mobile dan terkomputerisasi dalam melakukan sistem pemesanan menu dan
juga proses transaksi?
Analisis Kebutuhan user
Dalam sistem
yang sedang berjalan di pipu steak, User (Pelayan,koki dapur, kasir dan
admin) yang akan terlibat menggunakan aplikasi pemesanan menu ini. Maka
karakteristik user yang ada di Pipu Steak adalah sebagai berikut
:
1.
Admin
Disini hak akses admin adalah melakukan
pengolahan data keseluruan yang ada di pipu steak, seperti data makanan, data
minuman, data pegawai. Oleh karena itu admin diharapkan mampu mengoperasikan
komputer dan mengerti program yang digunakan.
2. Pelayan
Aplikasi
mobile pemesanan menu ini ditunjukan
bagi para pelayan agar dapat mencatat pesanan yang di pesan pelanggan. Disini
hak akses yang di lakukan oleh pelayan adalah menginput pesanan makanan dan
minuman yang di pesan oleh pelanggan dan mengirimkan data tersebut kepada koki
di bagian dapur.
3. Koki
Dapur
Tampilan aplikasi untuk Koki dapur , merupakan
tempat dimana data data pesanan pelanggan di tampilkan, kemudian di baca oleh
koki dan data pesanan yang masuk akan tersimpan di dalam database.
4. Kasir
Peranan kasir disini
hanya menanggani proses transaksi dengan
pelanggan. Di sini hak akses kasir adalah melakukan seluruh kegiatan transaksi.
Oleh karena itu kasir juga diharapkan mampu mengoperasikan komputer.
1.5 Output Aplikasi
Tampilan Sistem Pemesanan Menu
Implementasi
antarmuka sistem merupakan implementasi hasil dari desain yang telah dirancang
sebelumnya. Berikut ini adalah implementasi dari sistem yang telah dibuat yaitu
sebagai berikut :
Bagian
Admin :
Dapat
melakukan olah data, tambah , edit dan hapus data
·
Bagian Dapur(Koki)
Disini,
koki melihat daftar pesanan makanan dan minuman yang berasal dari pesanan
pelanggan yang di inputkan oleh pelayan, terdapat data pesanan masuk yang
diurutkan berdasarkan waktu order, tombol untuk melihat detail menu yang
dipesan, dan tombol edit untuk merubah status pemesanan.
·
Bagian Kasir
Ketika
bagian kasir sudah melakukan login dan masuk halaman tagihan, terdapat daftar
atas nama pelanggan yang akan melakukan pembayaran.Terdapat tombol actions
untuk mengetahui detail menu yang dipesan.
·
Pelayan
Ini merupakan interface bagian pelayan, yaitu mobile android yang di gunakan pelayan untuk memesan makanan dan minuman yang di pesan oleh pengunjung restoran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar