Minggu, 29 Maret 2015

Bab 3 - Pembahasan (Lanjutan)


3.4  Analisis Sistem

Skenario Pengumpulan Data

1.      Skenario Observasi

Tujuan                         : Mengetahui kebutuhan user
Tempat                        : Restoran Pipu Steak
Lama Waktu               : 7 hari

2.      Skenario Wawancara

Narasumber                : Bapak Alif Pemilik Resto Pipu Steak
Tempat                        : Restoran Pipu Steak
Jam/Lama                    : 2 Jam

Daftar Pertanyaan       : 
1.      Bagaimana langkah-langkah operasional pemesanan menu yang terjadi di pipu steak?
2.      Apa saja usaha yang sudah bapak lakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap customer ?
3.      Apa bapak pernah melakukan sistem komputerisasi pada pipu steak ?
4.      Bagaimana mekanisme pemesanan menu yang di pesan oleh customer sampai dengan proses pembayaran?
5.      Masalah apa yang sering dihadapi dengan sistem pemesanan menu secara manual ?
6.      Bagaimana pendapat anda sebagai pemilik resto pipu steak untuk menggunakan sistem yang berbasis mobile dan terkomputerisasi dalam melakukan sistem pemesanan menu dan juga proses transaksi?

Analisis Kebutuhan user
Dalam sistem yang sedang berjalan di pipu steak, User (Pelayan,koki dapur, kasir dan admin) yang akan terlibat menggunakan aplikasi pemesanan menu ini.  Maka  karakteristik user yang ada di Pipu Steak adalah sebagai berikut :

1.      Admin

Disini hak akses admin adalah melakukan pengolahan data keseluruan yang ada di pipu steak, seperti data makanan, data minuman, data pegawai. Oleh karena itu admin diharapkan mampu mengoperasikan komputer dan mengerti program yang digunakan.

2.      Pelayan
Aplikasi mobile pemesanan menu ini ditunjukan bagi para pelayan agar dapat mencatat pesanan yang di pesan pelanggan. Disini hak akses yang di lakukan oleh pelayan adalah menginput pesanan makanan dan minuman yang di pesan oleh pelanggan dan mengirimkan data tersebut kepada koki di bagian dapur.

3.      Koki Dapur
Tampilan aplikasi untuk Koki dapur , merupakan tempat dimana data data pesanan pelanggan di tampilkan, kemudian di baca oleh koki dan data pesanan yang masuk akan tersimpan di dalam database.

4.      Kasir
Peranan kasir disini hanya menanggani proses transaksi  dengan pelanggan. Di sini hak akses kasir adalah melakukan seluruh kegiatan transaksi. Oleh karena itu kasir juga diharapkan mampu mengoperasikan komputer.


1.5   Output Aplikasi
Tampilan Sistem Pemesanan Menu

Implementasi antarmuka sistem merupakan implementasi hasil dari desain yang telah dirancang sebelumnya. Berikut ini adalah implementasi dari sistem yang telah dibuat yaitu sebagai berikut :
Bagian Admin :
 
Dapat melakukan olah data, tambah , edit dan hapus data

·          










Bagian Dapur(Koki)

Disini, koki melihat daftar pesanan makanan dan minuman yang berasal dari pesanan pelanggan yang di inputkan oleh pelayan, terdapat data pesanan masuk yang diurutkan berdasarkan waktu order, tombol untuk melihat detail menu yang dipesan, dan tombol edit untuk merubah status pemesanan.




·         Bagian Kasir


Ketika bagian kasir sudah melakukan login dan masuk halaman tagihan, terdapat daftar atas nama pelanggan yang akan melakukan pembayaran.Terdapat tombol actions untuk mengetahui detail menu yang dipesan.




·         Pelayan 

 
Ini merupakan interface bagian pelayan, yaitu mobile android yang di gunakan pelayan untuk memesan makanan dan minuman yang di pesan oleh pengunjung restoran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar